Regional

Kamis, 1 Oktober 2020 - 18:43 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Bupati Taput Ekspos ‘Persiapan Taput Menuju Smart City’ di hadapan Assessment Kementerian Kominfo

KOLEGA.ID – Taput | Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Asisten II Osmar Silalahi dan Kadis Kominfo Taput Palmudi Sagala ekspos ‘Persiapan Taput Menuju Smart City’ di hadapan Assessment Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis (01/10).

Smart City adalah area perkotaan yang menggunakan berbagai jenis sensor Internet of Things (IoT) untuk mengumpulkan data. Data tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai wawasan untuk mengelola aset. Konsep dari Smart City adalah dengan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan berbagai perangkat IoT untuk mengoptimalkan efisiensi operasi dan layanan kota, serta terhubung dengan warga.

“Dengan konsep ini, pemerintah akan lebih mudah terhubung dengan masyarakat, memantau infrastruktur dan fasilitas kota hingga peristiwa yang terjadi di wilayahnya secara real-time serta dapat mengambil keputusan dengan cepat berdasarkan data yang sudah tersedia. Sebaliknya, masyarakat juga akan merasakan kemudahan dalam menjalankan aktivitas dan merasakan kedekatan dengan pemerintah. Ini manfaat riil smart city”, ujar Bupati dalam paparannya.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa manfaat dari Smart City bukan hanya memudahkan warga saja, masih ada beberapa manfaat dari suatu kota yang menggunakan konsep ini, yakni Produktivitas masyarakat dan daerah menjadi lebih tinggi, Pelayanan publik lebih cepat dan mudah serta terjaga Kenyamanan dan keamanan dalam melakukan kegiatan ekonomi. Tetapi kendala yang kita hadapi untuk menciptakan ini adalah masalah anggaran yang besar, sementara infrastruktur kita masih membutuhkan banyak sentuhan, terutama bangunan bangunan sekolah di desa terpencil”, ujar Bupati menambahkan.

“Di samping pendampingan untuk program smart city ini, kami juga mengharapkan bantuan dari Kementerian Kominfo untuk mewujudkan Taput sebagai smart city. Peran CSR pihak ketiga juga akan sangat menentukan dalam perwujudan smart city ini. Terimakasih untuk kementerian Kementerian Kominfo yang memfasilitasi kegiatan ini yang langsung mendengarkan masukan dan kendala kendala kami di daerah,” ujar Bupati mengakhiri.

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 8 views

Baca Lainnya