Sosio-Kultur

Minggu, 27 September 2020 - 15:43 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Deklarasi Pemuda Cita, Lokomotif Generasi Milenial Labuhanbatu

Pemuda Cita Labuhanbatu/Foto: Kolega.id

Pemuda Cita Labuhanbatu/Foto: Kolega.id

KOLEGA.ID – Labuhanbatu | Milenial Kabupaten Labuhanbatu gelar dialog dengan mengusung tema “Pandemi dan Dilema Pilkada, Dimana Peran Pemuda ?” di Labong Cafe, Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (26/09/2020). Dialog itu merupakan seri pertama sekaligus momentum Deklarasi Pemuda Cita Labuhanbatu.

Dalam dialog itu menghadirkan narasumber, tokoh Pemuda GTPP Covid 19 Sumut, Taufik Kurniawan S.E dan Komisioner KPU Labuhanbatu yang diwakili oleh Zafar Siddik Pohan, S.Sos., M.Si.

Taufik dalam pemaparannya mengatakan, peran pemuda penting dalam memutus mata rantai penuebaran Covid-19 terlebih Labuhanabtu juga menyelenggarakan Pemilu 2020.

“Hari ini kondisi Covid-19 di Labuhanbatu sudah dalam tahap yang menghawatirkan, terkonfirmasi sudah 24 orang reaktif dan 9 orang positif terpapar covid 19. Disinilah pentingnya peran pemuda di tengah masyarakat untuk berkolaborasi dalam memutus mata rantai pandemi covid 19, terlebih Labuhanbatu akan menyongsong Pilkada 2020 dalam waktu dekat yang akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat Labuhanbatu,” terang Taufik mengawali.

Katanya juga, saat ini banyak masyarakat yang belum memiliki kesadaran bahkan banyak diantaranya yang beranggapan bahwa Corona ini adalah hoax. Hal itu harus menjadi tanggung jawab moral pada milenial Labuhanbatu.

“Dewasa ini, kondisi real yang berkembang ditengah masyarakat, masih banyak yang belum memiliki kesadaran sehingga terdapat asumsi misalnya Covid-19 hoax, ataupun covid 19 tidak ada. Hal inilah yang kemudian menjadi tanggung jawab moral pemuda terutama generasi milenial yang merupakan ujung tombak pencegahan Covid-19 untuk memberikan sosialisasi pentingnya menerapkan protokol kesehatan kepada masyarakat,” katanya.

Kemudian dalam kesempatan yang sama Komisioner KPUD Labuhanbatu Zafar Siddik Pohan, S.Sos., M.Si menyampaikan KPU-D seluruh Indonesia sudah sepakat untuk menyelenggakan Pilkada serentak 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Dengan berbagai pertimbangan, KPU RI, Bawaslu RI, dan Kemendagri beserta seluruh jajaran KPUD se-Indonesia menyepakati untuk tetap melaksanakan Pilkada 2020 serentak pada Rabu 9 Desember 2020 dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran yang tinggi terhadap protokol kesehatan. KPUD Labuhanbatu sendiri tengah mempersiapkan alat peraga kampanye dan terus mensosialisasikan kebijakan kebijakan kampanye saat pilkada dilaksanakan,” kata Zafar Siddik Pohan.

Zafar menambahkan bahwa KPUD Labuhanbatu sangat mengapresiasi gerakan pemuda yang independent dan berkomitmen dalam mengawal proses Pilkada 2020 ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Harapan besar kepada Pemuda Cita Labuhanbatu sebagai kaum intelektual pembawa perubahan harus tetap andil dalam partisipasi pembangunan daerah khususnya menyikapi pandemi covid 19 dan momentum pilkada 2020 ini,” haral Zafar.

Sementara itu, Koordinator Presidium Pemuda Cita Labuhanbatu, M Anggi Fadillah Batubara mengatakan bahwa Pemuda Cita Labuhanbatu dibentuk sebagai lokomotif pemuda dalam mengatasi persoalan daerah Kabupaten Labuhanabtu.

“Kami berharap dengan dibentuknya Pemuda Cita Labuhanbatu mampu menjadi lokomotif pemuda khusunya generasi milenial Labuhanbatu terlibat aktif dalam mengatasi problematika yang terjadi di daerahnya. Terlebih pemuda diharapkan dapat menyaring informasi dan bertindak sebagai agen edukasi terhadap isu-isu yang kiranya berpotensi memecah belah masyarakat terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 dan momentum Pilkada 2020 demi terciptanya keamanan, kenyamanan, dan ketentraman di Kabupaten Labuhanbatu,” demikian Anggi Fadillah.

 

Editor: Why

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 52 views

Baca Lainnya