Pendidikan

Selasa, 29 Desember 2020 - 17:35 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Dosen FKIP UMN Al-Washliyah Workshop Pembelajaran Matematika Pada Guru SD Negeri 064034 Medan

KOLEGA.ID – Medan | Salah satu Program Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah ialah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dikoordinir oleh LP2M.

Kegiatan PkM ini yang dilaksanakan berkolaborasi antara dosen program studi dan mahasiswa. Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dana dari Rektor UMN Al Washliyah melalui LP2M UMN Al Washliyah.

Kegiatan pengabdian berbentuk workshop, yang ditujukan kepada guru-guru UPT SD Negeri 064034 Medan. Pelaksanaan Workshop ini dilakukan dalam 3 kegiatan, yang meliputi kegiatan tutorial, kegiatan pelatihan, dan peer demontration, Rabu, (12/12/2020) telah dilaksanakan kegiatan di UPT SD Negeri 064034 Medan.

Ketua pelaksana kegiatan, Drs. Hidayat, M.Ed. didampingi anggota Dra. Sukmawarti, M.Pd., dan sorang mahasiswa pendidikan matematika Nurul Fadillah Margolang.
Tema kegiatan workshop yang diangkat ialah penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Guru diharapkan dapat menyelenggarakan setiap kegiatan pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa merasa bahwa belajar itu bukanlah sebuah beban.

Pembelajaran yang menyenangkan memiliki nilai yang positif, antara lain: membuat siswa betah berlama-lama belajar, menimbulkan rasa: “belajar merupakan kebutuhan”, dan memudahkan siswa menyerap dan memiliki ilmu dan pengetahuan. Dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, guru dituntut untuk memiliki kreativitas dan inovasi yang lebih.

Kegiatan workshop diikuti 15 orang guru kelas UPT SD Negeri 064034 Medan dengan sangat sangat semangat dan penuh antusias. Sementara itu, bapak Muhammad Yani Nasution, S.Pd., M.Si., kepala UPT SD Negeri 064034 Medan sangat menyambut baik kegiatan workshop ini, dan akan mengimplementasikannya di sekolah ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan

Kegiatan belajar bagi anak harus menyenangkan karena pada usia di SD inilah anak masih suka bermain, sehingga permainan dapat dimanfaatkan sebagai media belajar yang menyenangkan.

Disamping itu guru harus mampu merancang kegiatan belajar yang menyenangkan.

Pada akhir sambutannya kepala sekolah menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada UMN Al Washliyah yang telah membantu program sekolah dalam meningkatkan kualitas sumber daya guru dan pembelajaran.

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 28 views

Baca Lainnya