Pendidikan

Rabu, 30 Desember 2020 - 18:44 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Dosen UMN Gelar Sosialisasi Peningkatan Kreativitas Guru-guru Dalam Memberi Penugasan Proyek di Masa Covid-19

KOLEGA.ID – Medan | Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu pelaksanaan tugas Tri Darma Perguruan Tinggi yang merupakan kewajiban bagi setiap dosen. PKM ini difasilitasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan dan sekolah mitra pengabdian MTs. Al-Ittihadiyah Pkl. Masyhur Medan Jl. Karya Jaya Gg. Karya VIII No.7 A.

Kegiatan Pengabdian merupakan pendanaan dari dana internal UMN Al-Washliyah Medan tahun anggaran 2020 yang diketuai oleh Dr. Rita Destini, M. Pd dengan anggota bernama Lia Afriyanti Nst, S. Pd., M. P yang juga melibatkan mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika yaitu Dewi Pratiwi.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2020. Bapak Pamonoran Siregar, M.Pd.I selaku Kepala sekolah beserta Bapak dan Ibu Guru MTs. Al-Ittihadiyah Pkl. Masyhur Medan juga turut hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan ini berkolaborasi antar dosen multi disiplin ilmu. Dr. Rita Destini, M. Pd sendiri berada dalam bidang ilmu tekhnologi pendidikan selaku ketua dan Lia Afriyanti Nst, S. Pd.,M. Pd sendiri berada dalam bidang ilmu pendidikan fisika selaku anggota yang saling bekerja sama dan berkomitmen untuk memberikan sosialisasi peningkatan kreativitas guru – guru alam pembelajaran selama pandemi covid – 19 kepada guru yayasan MTs. Al-Ittihadiyah Pkl. Masyhur Medan.

Adapun tujuan dari kegiatan PKM adalah

1). Meningkatnya kreativitas guru – guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik selama covid – 19.

2). Guru dapat menerangkan materi pembelajaran dengan jelas kepada peserta didik secara fleksibel, dan

3). Meningkatnya semangat siswa dalam menghadapi pembelajaran daring yang sebenarnya membosankan bagi siswa.

Dalam pemaparannya Dr. Rita Destini, M. Pd menyampikan pentingnya bagi guru untuk mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada di lapangan, apalagi saat ini pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi kehidupan manusia diseluruh dunia baik dari aspek Ekonomi, Sosial, Hukum, Pendidikan dan lainnya. Dari Aspek Pendidikan, Pemerintah Indonesia mengambil kebijakan penutupan sekolah-sekolah demi melindungi generasi penerus bangsa dari terpaparnya virus Covid-19, Pembelajaran di lakukan secara daring yang artinya dalam jaringan, proses pembelajaran ini dilakukan dari jarak jauh dengan memanfaatkan perkembangan teknologi internet, guru mengajar dari rumah dan siswa belajar dari rumah.

Berdasarkan observasi di lapangan dan kajian pustaka ditemuakan beberapa kelemahan dalam pembelajaran daring yang serba mendadak ini diantaranya adalah susahnya jaringan untuk mengakses internet dan kurangnya kesiapan guru dalam penguasaan teknologi sebagai pendukung pembelajaran dalam jaringan seperti penyampaian materi. Kurang tuntasnya penyampaian materi pembelajaran yang dilakukan guru selama pembelajaran daring akan berpengaruh pada motivasi dan hasil belajar siswa. Dan semoga PKM yang dilakukan dosen-dosen UMN Al-Washliyah ini akan membawa berkah dan Ilmu bermanfaat bagi guru-guru dan sekolah.

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 5 views

Baca Lainnya