Sosio-Kultur

Rabu, 16 Desember 2020 - 15:24 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Gelar Latihan Kader I, HMI Sumut Siap Dirikan Cabang di Kepulauan Nias

Badko HMI Sumut menggelar Latihan Kader I  di Kota Gunungsitoli, Sumut, 16-20 Desember 2020/Istimewa

Badko HMI Sumut menggelar Latihan Kader I di Kota Gunungsitoli, Sumut, 16-20 Desember 2020/Istimewa

KOLEGA.ID – Gunungsitoli | Dalam upaya untuk mendirikan Himpunan Mahaswa Islam (HMI) diseluruh Kota/Kabupaten Sumatera Utara (Sumut), Badan Koordinasi (Badko) HMI Sumut kembali menggelar Latihan Kader I (LK I) atau Basic Training. Latihan Kader I kali ini digelar di Kepulauan Nias, Kota Gunungsitoli, Sumut pada 16-20 Desember 2020.

Pembukaan acara perkaderan itu dilaksanakan di Makodim 0213/Nias, Gunungsitoli, Rabu (16/12/2020).

Pada acara pembukaan itu turut hadir Ketua Umum Badko HMI Sumut M Alwi Hasbi Silalahi, alumni HMI Krisna Savindo, pengurus Komite Nasional Indonesia (KNPI) Sumut Khariaman Zebua, perwakilan Dandim 0213/Nias Syahri Damanik, serta beberapa pengurus organisasi mahasiswa Gunungsitoli, diantaranya, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).

Ketua HMI Sumut M Alwi Hasbi Silalahi mengatakan, pelaksanaan LK I ini digelar dalam upaya pendirian HMI di Kepulauan Nias. Katanya, Badko HMI Sumut akan terus berupaya secara maksimal untuk mendirikan HMI diseluruh kabupaten/kota di Sumut.

“Mulai hari ini tanggal 16 sampai 20 Desember 2020 nanti, Latihan Kader I akan berlangsung disini (Gunungsitoli). Ini adalah komitmen awal kami, yaitu mendirikan cabang diseluruh kabupaten/Kota Sumut,” kata Hasbi.

Diharapkannya, dari LK I ini, kader-kader yang dihasilkan dari forum itu nantinya mampu berkontribusi dalam menyebarluaskan nilai-nilai ke-islam-an dan ke-Indonesia-an. Hal itu dikatakannya agar terwujud masyarakat yang adil serta dapat memperkuat persatuan dan kebangsaan.

“Dari forum ini kita berharap lahir kader-kader yang militan, lahir kader-kader yang mampu menyebarkan nilai-nilai kebaikan. Kita berharap kader-kader yang dilahirkan nantinya dapat menyebarluaskan nilai-nilai ke-islam-an dan ke-indonesi-an. Semoga nilai-nilai itu nantinya dapat menjadi pondasi masyarakat Nias untuk terus memperkuat persatuan dan kesatuan,” tandasnya.

Sebelumnya Badko HMI Sumut juga telah melaksanakan Latihan Kader I di Kabupaten Dairi pada Jumat hingga Minggu, 13-15 November 2020. LK I itu diikuti peserta serbanyak 55 orang, diantaranya, 45 orang berasal dari mahasiswa Kabupaten Dairi-Pakpak Bharat, 9 orang dari mahasiswa Aceh, dan 2 orang dari Medan.

 

Editor: Why

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 209 views

Baca Lainnya