Regional

Kamis, 25 Februari 2021 - 15:17 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Gunung Sinabung kembali Erupsi, Muntahkan Abu Vulkanik Sejauh 1,5 Km

Ilustrasi erupsi Gunung Sinabung (Foto: ANTARA FOTO/Edy Regar)

Ilustrasi erupsi Gunung Sinabung (Foto: ANTARA FOTO/Edy Regar)

KOLEGA.ID – Karo | Gunung Sinabung kembali menyemburkan abu vulkanik sejauh 1,5 Kilometer dari atas puncak pada pukul 10 Pagi.

Info ini di sampaikan oleh Kepala pos Pengamatan Gunung Sinabung Armen Putra

“Benar, hari ini Gunung Sinabung kembali mengeluarkan erupsi sejauh 1,5 Kilometer pada pukul 10 pagi,” tutur Armen saat dikonfirmasi, Kamis (25/2). 


Dikatakan, dari pantauan pos pengamatan, kolom abu yang tercipta akibat erupsi tersebut berwarna kelabu dengan intensitas sedang. Kolom juga teramati dengan dibawa angin condong ke arah timur dan tenggara. 


“Erupsi ini terekam dengan amplitudo 66 mm dengan durasi selama 191 detik,” katanya.


Armen menyebutan, sampai saat ini status Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga).


“Diimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara,” sebutnya.


Lebih lanjut, Armen mengungkapkan apabila terjadi hujan abu, masyarakat diimbau agar memakai masker jika ke luar rumah untuk mengurangi dampak dari abu vulkanik.


“Masyarakat segera mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” pungkasnya

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 38 views

Baca Lainnya