Pendidikan

Senin, 29 Maret 2021 - 19:30 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Jatmiko, S.Pd Guru SMAN 1 Kota Tebing Tinggi, Mewakili Sumut Ikuti Pembinaan Ideologi Pancasila di Bandung

KOLEGA.ID – Medan | Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila diikuti sebanyak 140 guru dari seluruh provinsi di Indonesia.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Deputi Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini dilangsungkan di Gedung Geominerba PPSDM Bandung pada 23-26 Maret 2021.

Selama pendidikan dan pelatihan ini, peserta secara intens mendalami enam materi pelatihan diantaranya; Garis Besar Haluan Ideologi Negara, Historisitas Pancasila dan tantangan masa depan, Nilai-nilai Pancasila dan implementasinya dalam membangun karakter kebangsaan, Membangun karakteristik bangsa dengan nilai-nilai Pancasila, Bela negara sebagai implementasi nilai-nilai Pancasila dan Penyusunan rencana aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Jatmiko, S.Pd adalah Guru SMA Negeri 1 Kota Tebing Tinggi dipilih mewakili guru SMA/SMK Provinsi Sumatera Utara dalam kegiatan ini.

Kepada media ini saat diwawancarai, dirinya mengaku senang dan bangga karena menjadi peserta dalam sebuah event nasional terkait KePancasilaan dan Bela Negara.

Menurut Koordinator Wilayah Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Provinsi Sumatera Utara ini, pendidikan dan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para guru.

“kegiatan ini sangat bermanfaat untuk guru sebagai pendidik. Terutama dalam hal Bela Negara. Kebhinekaan Indonesia sangat perlu utk di rawat. Dari Aceh sampai Papua, keberagaman suku, bahasa, budaya dan agama menyatu dalam Kebhinekaan pada acara tersebut”, tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa “Saya mewakili Sumatera Utara yg kita tahu kebudayaan, suku, dan bahasa sangat majemuk. Anda bisa melihat ada beberapa suku yg ada di Sumut dengan perbedaan bahasa. Padahal teritorial wilayah nya tak jauh. Namun, pemerintah provinsi Sumatera Utara berhasil merawat keberagaman yg telah di karuniakan oleh Tuhan. “

Dalam kegiatan ini, peserta benar-benar di tempah utk siap merawat kebhinekaan dan Pancasila di tengah arus globalisasi maupun gesekan-gesekan sesama anak bangsa yg sangat rentan terjadi.

Dalam acara ini, tak hanya mendengarkan materi atau diskusi tanya jawab, namun juga menggunakan media games yg membuat peserta tidak merasa bosan. Games tersebut pun selalu di kaitkan dengan sila-sila yg terkandung dalam Pancasila.

Pada akhir acara tersebut, semua peserta mendapatkan Lencana Duta Pancasila.

Acara tersebut dibuka oleh Deputi Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Dr. Baby Siti Salamah, M.Psi.

Beberapa narasumber diantaranya Prof. Adji Samekto, Dr. Martin Lukito Sinaga, Prof. Dr. Hj. Siti Musdah Mulia, La Mimi Adam, Prof. Encep Syaifuddin, Iman Hasiholan Sirait, dan Ken Setiawan

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 177 views

Baca Lainnya