Regional

Jumat, 15 Januari 2021 - 16:58 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Kota Medan Gelar Vaksinasi, Sekda, Dandim, Dan Kapolres Dapat Giliran Pertama

KOLEGA.ID – Medan | Penyuntikan vaksinasi Covid-19 Kota Medan lancar dilakanakan. Sekretaris Daerah Kota Medan, Dandim 02/01, dan Kapolres mendapat giliran awal yang disuntik vaksin Sinovac.

Vaksinasi dimulai 09.30 Wib. Terlihat di panggung gedung tersedia empat meja. Protokol acara menjelaskan empat meja tersebut terdiri dari, meja pendaftaran, screening, pelaksanaan vaksin, dan pencatatan hasil vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi mengatakan tenaga kesehatan akan divaksin Minggu depan. Setelah 18 pejabat utama divaksin hari ini di gedung Dharma Wanita Petisah, Kecamatan Medan Petisah, Jumat (15/1/2021).

“Hari ini 18 pejabat utama yang divaksin dari forum komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), TNI – Polri, dan tokoh masyarakat. Ini bagus sebagai contoh kepada masyarakat,” jelasnya kepada wartawan, Jumat (15/1/2021).

Dikatakannya, nakes ke depan akan divaksin di fasilitas kesehatan yang sudah ditunjuk. Semisal di puskesmas dan 15 rumah sakit untuk fasilitas lanjutan. Ia pun mengatakan perasaannya biasa usai divaksinasi.

“Saya rasakan biasa saja. Jadi kita tidak perlu persiapan khusus. Pelaksanaannya cepat dan tidak ada menimbulkan reaksi yang aneh,” ungkapnya.

“Disiplin protokol kesehatan itu mutlak. Utamanya, penggunaan masker yang tepat dan bermanfaat. Kemudian, penggunaan jarak dan cuci tangan,” tutupnya.

Sekretaris Daerah Kota Medan, Wiriya Alrahman mengatakan pimpinan daerah dan tokoh masyarakat yang sudah di vaksin hari ini menjadi teladan bagi warga. Agar nanti pada gilirannya tetap optimis melakukan vaksinasi.

“Mudah mudahan ini bisa menjadi masukan kepada masyarakat. Bahwa nanti pada saat gilirannya, masyarakat juga ikut divaksin. Semoga dengan ini Kota Medan bebas dari Covid-19,” ungkapnya.

“Intinya, kegiatan hari ini tujuannya untuk menyakinkan masyarakat bahwa vaksin ini aman. Bahkan dari BPOM, MUI, dan penelitian secara medis juga sudah memperkuatnya,” tutupnya.

Sebelumnya diinformasikan, Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan dalam dua Minggu terakhir terjadi peningkatan warga yang terpapar Covid-19. Oleh karena itu, vaksinasi menjadi langkah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di kota Medan.

“Kalau dalam periode 3 bulan yang lalu di Medan hanya 20 orang positif per hari di Medan. Kalau sekarang mencapai 50 orang yang positif per hari,” jelasnya saat membuka kegiatan vaksinasi kepada forum komunikasi pemimpin daerah (Forkopimda) di gedung Dharma Wanita Petisah, Kecamatan Medan Petisah, Jumat (15/1/2021).

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 13 views

Baca Lainnya