Nasional

Rabu, 24 Februari 2021 - 18:51 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Mantan Kapolda Sumut Dilantik Jadi Kabareskrim

KOLEGA.ID – Jakarta | Komjen Agus Andrianto mantan Kapolda Sumatera Utara dilantik sebagai Kabareskrim. Pelantikan dilakukan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Listyo berpesan kepada Kabareskrim baru untuk mengawal kasus dengan penuh penegakan hukum yang berkeadilan. Listyo juga menekankan penerapan restoratif juctice dalam perkara yang ditangani Bareskrim.

Listyo juga meminta penegakan hukum dilakukan dengan tegas dan kuat. Dia tak ingin ada penilaian negatif terhadap penegakan hukum di kepolisian.

“Karena di masyarakat itu masih dirasakan hukum yang tajam ke bawah dan tumpul ke atas,” kata Listyo, Rabu, 24 Februari 2021.

Di hadapan Listyo, Komjen Agus menyatakan sumpahnya sebagai Kabareskrim. Dia berjanji menaati segala peraturan perundangan dan melaksanakan tugas kedinasan dengan baik.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat kepolisian negara akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI,” kata Agus mengikuti sumpah jabatan yang dipimpin Listyo.

Listyo juga melantik pejabat internal Polri lainnya. Di antaranya, Komjen Arief Sulistyanto sebagai Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) menggantikan Agus.

Kemudian, Kalemdiklat Polri Komjen Rycko Amelza. Lalu, Kepala Badan Intelijen (Kaba Intelkam) Polri Irjen Paulus Waterpaw, Koordinator Staf Ahli Kapolri (Korsahli) Irjen Martuani Sormin, dan Wakabareskrim Brigjen Syahardiantono.

Namun, Kapolri belum melantik sejumlah Kapolda. Rencananya, pelantikan secara resmi terhadap sejumlah Kapolda dilakukan pekan depan.

Mereka yang akan dilantik, ialah Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, Kapolda Sumatra Utara Irjen Panca Putra, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Nana Sudjana, dan Kapolda Lampung Irjen Wahyu Hadiningrat. Kemudian, jabatan Wakapolda Papua Kombes Eko Rudi Sudarto, Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Ida Oetari Poernamasari, dan Wakapolda Bali Brigjen I Ketut Suardana.(medcom)

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 58 views

Baca Lainnya