Pendidikan

Kamis, 24 Desember 2020 - 00:25 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Masa Pandemic, Dosen UMN Berikan Sosialisasi Pengelolaan Jajan Sehat Bagi Guru MTS Lab Ikip Al-Washliyah

KOLEGA.ID – Medan | Dalam rangka mewujudkan salah satu dari tri dharma Perguruan Tinggi yang menjadi kewajiban bagi seorang dosen maka beberapa orang dosen UMN Al Washliyah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang mengambil tema tentang Pengelolaan Jajanan Sehat untuk mengurangi pengeluaran rumah tangga di masa pandemic bagi guru MTs. swasta Lab IKIP Al Washliyah.

Diharapkan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dapat menjadi salah satu cara untuk meringankan permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya para ibu akibat merebaknya wabah virus Covid-19.
Merebaknya wabah virus Covid-19 tidak bisa dihindari memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan rumah tangga masyarakat. Salah satu pengeluaran rutin rumah tangga adalah untuk keperluan jajanan bagi anak baik ketika di rumah atau saat sedang berada di luar rumah.

Tidak bisa dipungkiri bahwa terdapat jajanan yang tidak layak makan, tidak sehat dan bahkan mengandung zat-zat yang berbahaya yang dijual oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Terlebih lagi di saat pandemic seperti ini, sudah selayaknya orang tua untuk membatasi kegiatan anak di luar rumah, apalagi berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal.

Menyikapi hal tersebut seorang dosen UMN Al Washliyah memberikan sosialisasi yang komprehensif tentang pengelolaan jajanan sehat untuk mengurangi pengeluaran rumah tangga di masa pandemic bagi guru MTs swasta Lab IKIP Al Washliyah. Rizqy Fadhlina Putri, SE., M.Si. seorang dosen Fakultas Ekonomi UMN Al Washliyah memberikan sebuah alternatif solusi bagi guru MTs swasta Laboratorium IKIP Al Washliyah dalam mengurangi pengeluaran rumah tangga di masa pandemic seperti sekarang ini.

Dalam kegiatan pengabdian ini beliau memberikan sosialisasi pembuatan kue pukis sebagai pengganti jajanan anak. Diharapkan dapat memberikan alternatif jajanan sehat bagi orang tua selain dapat meminimalisir kemungkinan tertular virus COVID19 dan juga sebagai alternative dalam mengontrol pengeluaran rumah tangga selama masa pandemic seperti ini.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan pada hari Selasa (15/12/2020) di MTS Swasta Lab IKIP Al Washliyah Jalan Garu II No. 93, Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala sekolah MTS Swasta Lab IKIP Al Washliyah beserta guru MTS Swasta Lab IKIP Al Washliyah.

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 4 views

Baca Lainnya