Politik

Sabtu, 19 September 2020 - 15:33 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Panwascam Medan Timur Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilkada 2020

Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Medan Timur melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya pengawasan partisipatif yang dilakukan masyarakat untuk mensukseskan pilkada Kota Medan tahun 2020, Kamis (17/09/2020)

Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Medan Timur melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya pengawasan partisipatif yang dilakukan masyarakat untuk mensukseskan pilkada Kota Medan tahun 2020, Kamis (17/09/2020)

KOLEGA.ID – Medan | Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Medan Timur melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya pengawasan partisipatif yang dilakukan masyarakat untuk mensukseskan pilkada Kota Medan tahun 2020.

Kegiatan sosialisasi tersebut mengusung tema “Kontribusi Tokoh Masyarakat dan Generasi Millenial Dalam Upaya Meningkatkan Pengawasan Partisipatif di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan Tahun 2020” di lakasanakan Hotel Cardela Medan, Kamis (17/09/2020).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Anggota Bawaslu Kota Medan Raden Deni Admiral.  Selain melakukan sosialisasi terhadap masyarakat, Panwascam Medan Timur juga melakukan deklarasi Pilkada damai dan mematuhi protokoler kesehatan pada Pilkada tahun 2020 ini.

Ketua Panwascam Medan Timur Taufiq Hidayah Tanjung mengatakan kegiatan ini terlaksana atas masukan dan arahan dari pimpinan Bawaslu Kota Medan. Tujuan kegiatan ini untuk mengajak masyarakat turut aktif dalam mensukseskan Pilkada Kota Medan.

“Kegiatan ini kami lakukan atas saran dan masukan dari pimpinan Bawaslu Kota Medan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat turut aktif dalam setiap proses tahapan Pilkada, kami sebagai Panwascam sangat menyadari keterbatasan kami dalam jumlah personil yang ada sehingga sangat diperlukan partisipasi masyarakat untuk melakukan pencegahan hal-hal yang dilarang dalam Pilkada,“ ujar Taufiq.

Taufiq juga mengatakan selama ini masyarakat hanya merasa Pilkada adalah proses pemberian suara kepada calon di bilik suara tanpa tau proses perjalananya. Maka Taufiq mengajak masyarakat untuk turut serta perduli dan sama-sama bertanggung jawab mensukseskan Pilkada Kota Medan.

Anggota Bawaslu Kota Medan Raden Deni Admiral yang turut hadir dalam kegiatan ini mengatakan bahwa masyarakat memiliki peran sentral dalam Pilkada. Raden juga mengajak masyrakat untuk perduli terhadap hak pilihnya.

“Masyarakat memiliki peran sentral untuk mensukseskan Pilkada, semakin tinggi kesadaran masyarakat maka semakin sukses jalannya Pilkada nanti. Dalam kesempatan ini saya juga mengajak bapak, ibu untuk perduli dengan hak pilihnya. Pastikan keluarga dekat tetangga kanan kiri sudah terdaftar sebagai pemilih, kalau belum silahkan datangi PPS atau Kantor panwascam dengan membawa fotocopy KK,” kata Raden

Siska Wati salah satu undangan mengatakan, sosialisasi cukup bagus untuk menambah wawasan kepada masyarakat yang sebelumnya kebanyakan masyarakat tidak tau hal-hal  yang dilarang pada Pilkada.

“Setelah ini kami jadi tau dan akan kami sampaikan ke masyarakat lainnya informasi ini agar mereka tidak menjadi korban dari ketidaktauan,” ungkap Siska.

Sosialisasi ini dihadiri  beberapa unsur masyarakat, diantaranya; tokoh agama, tokoh pemuda, ibu perwiridan dan kaum milenial serta menghadirkan dua narasumber, yaitu Isnen Harahap Direktur Pusat Konsultasi Hukum dan Politik (Puskompolit) Sumatera Utara dan Komisioner PPK Medan Timur Randy Manday.

 

Editor: Why

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 33 views

Baca Lainnya