Regional

Rabu, 10 Februari 2021 - 03:09 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Peringati HPN, Wagub Sumut Kunjungi Tokoh Pers Perjuangan

KOLEGA.ID – Medan | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengunjungi Tokoh Pers Perjuangan Sumut Muhammad TWH, yang juga pemilik Museum Perjuangan Pers di Jalan Sei Alas Nomor 6, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (9/2). Kunjungan silaturahmi ini dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021.

Wagub Musa Rajekshah bersama rombongan berkeliling dan terpukau melihat berbagai koleksi surat kabar lama yang dipajang di museum tersebut. Juga berbincang dengan Muhammad TWH tentang berbagai hal mengenai perkembangn pers dan keberadaan Museum Perjuangan Pers.

“Ini rumah pribadi Bapak (Muhammad TWH) apa mau terus tetap dijadikan museum, karena saya melihat tempat ini tidak akan cukup untuk menampung semua koleksi yang Bapak miliki, nanti akan kita diskusikan dengan Pak Gubernur untuk mengupayakan lokasi yang bisa menampung koleksi Bapak, karena Bapak punya koleksi surat kabar yang sangat lengkap,” ujar Wagub di Museum Perjuangan Pers di Jalan Sei Alas

Menyahuti niat baik tersebut, Muhammad TWH terharu dan tidak mampu membendung air mata. Dengan terbata-bata ia menyampaikan, dari sejak pertama didirikan, museum tersebut tidak pernah mendapat bantuan dari pemerintah.

“Saya akan tetap pertahankan museum ini Pak, anak-anak sekolah banyak datang, untuk mengetahui kisah dari pahlawan yang ada di Sumut. Di sini semua terekam jelas kisah perjalan itu,” ujar tokoh pers Sumut berusia 88 tahun ini.

Menurutnya, di Jakarta dahulu ada museum pers yang kini telah berganti nama menjadi Monumen Pers Nasional. Ia pun optimis tempat ini satu-satunya museum pers yang paling lengkap koleksinya tentang surat kabar zaman dahulu, yang pernah ada di Indonesia.

Sebelumnya, Musa Rajekshah juga merayakan HPN Tahun 2021 bersama insan pers di Warkop Jurnalis di Jalan KH Agus Salim, Medan. Kedatangan Wagub disambut antusias para wartawan dari berbagai media cetak, online, dan elektrorik yang berada di warkop tersebut.

Suasana meriah semakin terasa, ketika Wagub bersama Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut Hermansyah memotong kue dan membagikannya kepada para wartawan. Sambil menikmati kue tar, Wagub pun berbincang santai dengan para jurnalis.

“Hari ini kita merayakan HPN, apa keluhan kalian yang ingin disampaikan ke pemerintah, katakanlah,” ujar Wagub yang didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Irman Oemar.

Wagub juga memberikan semangat, agar para jurnalis terus bergerak dan tidak berdiam diri, termasuk di masa pandemi Covid-19 saat ini. Memang Covid-19 telah berdampak kepada seluruh sektor kehidupan masyarakat, termasuk perusahaan pers dan para wartawan.

“Tapi tidak mungkin kita biarkan suasana ini dengan berdiam diri atau pun frustasi, tetaplah bersemangat kawan-kawan semua, kita tingkatkan sinergitas melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan tetap menjalankan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi,” harap Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Ketua PWI Sumut Hermansyah yang juga hadir di Warkop Jurnalis mengatakan, kedatangan Wagub Musa Rajekshah menandakan bahwa pemerintah hadir dan mau mendengarkan berbagai persoalan yang dihadapi para wartawan saat ini. Apalagi di masa pandemi Covid-19, pers merupakan salah satu yang terdampak.

“Akibat Covid-19 ikut membuat terpuruknya media dan wartawan, tidak hanya media cetak, media online pun terdampak pandemi Covid-19, untuk itu sesuai dengan arahan Pak Wagub, kita harus tetap berjuang di tengah pandemi ini, karena rakyat masih butuh informasi dari kita,” ujarnya.

Puncak Peringatan HPN

Wagub Sumut Musa Rajekshah bersama dengan Wakapolda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Wakajatisu) Jacob Hendrik Pattipeilohy, juga mengikuti acara Puncak Peringatan HPN tahun 2021 yang dilakukan secara virtual, dari Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan. Peringatan HPN kali ini mengusung tema ‘Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan’.

Pada acara tersebut Presiden RI Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia. “Saya tahu di saat pandemi sekarang ini, rekan-rekan pers tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk mengabarkan setiap perkembangan situasi. Dan, menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, menjaga optimisme, serta menjaga harapan,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh insan pers karena membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar dan tepat.

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 2 views

Baca Lainnya