Pendidikan

Kamis, 31 Desember 2020 - 13:00 WIB

3 minggu yang lalu

logo

PKM-S2 Pendidikan Matematika UMN AL-Washliyah: Memotivasi Siswa MTs Al-Ittihadiyah Belajar Matematika di Era New Normal

KOLEGA.ID – Medan | Progam studi (prodi) S2-Pendidikan Matematika UMN Al-Washliyah merupakan salah satu dari empat prodi S2 Pendidikan Matematika yang ada di Sumatera Utara. Sebagai prodi S2-Pendidikan matematika, memiliki tanggung jawab besar berkontribusi dalam dunia Pendidikan khususnya matematika.

Melalui tridharma perguruan tinggi, Dr. Abdul Mujib, M.PMat. sebagai KaProdi melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) memberikan Motivasi belajar matematika di era new normal. Sebagaimana kita ketahui, selama pandemic covid-19 seluruh siswa di kota medan bahkan Indoensia belajar dari rumah (BDR) atau school from home (SFH) melalui pembelajaran daring. Tidak mudah bagi siswa belajar matematika secara daring, ditambah lagi dengan kurangnya motivasi dan munculnya rasa bosan belajar di rumah. Untuk itu, penting sekali memberikan suasana baru, metode baru, dan memberikan motivasi baru kepada siswa untuk menyongsong era new normal dalam belajar matematika.

PKM ini dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2020 di MTs. Al Ittihadiyah Jl. Karya Jaya Gg. Karya VIII No.7 A Pangkalan Masyhur Medan Johor. PKM ini dibuka oleh Kepala Sekolah MTs. Al Ittihadiyah ustadz Pamonoran Siregar, M.PdI. dan dihadiri guru-guru MTs. Al Ittihadiyah serta beberapa siswa-siswa terpilih untuk diberikan motivasi belajar matematika.
Sebagaimana kita ketahui bahwa Covid-19 merebak di Indonesia diawal tahun 2020 tepatnya diawal Maret 2020. Yang selanjutnya, pandemic covid-19 ini menyebar ke seluruh Indonesia hingga sat ini. Seluruh bidang merasakan dampak dari pandemic covid-19. Baik bidang ekonomi, bidang sosial, bahkan bidang Pendidikan.

Seluruh kegitan masayarakat mengalami dapak yang sangat signifikan. Dalam bidang Pendidikan, merubah cara mengajar, cara belajar, dan cara mengevaluasi hasil belajar siswa. Guru dituntut kreatif dalam mengajar siswa dengan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring. Siswa dituntut mandiri belajar dirumah dengan panduan guru secara daring. Demikian juga orang tua dituntut untuk mengontrol anaknya belajar dari rumah. Banyak sekali permasalahan yang muncul dalam aktivitas pembelajaran daring.

Mulai dari masalah fasilitas sekolah, kemampuan siswa, kemampuan orang tua dalam memfasilitasi siswa belajar dari rumah, belum lagi motivasi siswa dalam belajar secara daring. Salah satu yang paling menonjol adalah belajar matematika secara daring.

Sebagaimana dituturkan oleh Bapak Dr. Abdul Mujib, M.PMat selaku praktisi pendidikan matematika, bahwa pembelajaran daring merubah cara belajar, cara berfikir, baik guru maupun siswa dalam belajar matematika. Pandemic covid-19 ini, seolah-olah mempercepat masyarakat Indonesia untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Dimana guru, siswa dan orang tua dihadapkan dengan pembelajaran secara digital, dan menghadapi big data berkaitan dengan pembelajaran.

Untuk itu, Bapak Dr. Abdul Mujib, M.Pd menjelaskan tentang pentingnya trik mengajar matematika dan motivasi dalam belajar matematika di era new normal. Dimana guru dan siswa sudah memiliki kebiasaan dan perilaku baru di tahun 2021 mendatang. Guru sudah terbiasa dengan pembelajaran daring, siswa sudah terbiasa dengan teknologi pembelajaran. Untuk itu perlu sekali mengedukasi guru dan siswa dalam mengajar matematika di era new normal.

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 9 views

Baca Lainnya