Regional

Selasa, 26 Januari 2021 - 20:32 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Presidium Eks PEMA USU: Keputusan Kemendikbud Lantik Rektor Terpilih USU Sudah Tepat

KOLEGA.ID – Medan | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah memutuskan, rektor terpilih Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin tetap dilantik 28 Januari 2021 mendatang di Jakarta.

Hal tersebut tertuang dalam surat Kemendikbud Nomor :4607/MPK.A/RHS/KP/2021 tertanggal 21 Januari 2021. Perihal surat tersebut yakni pelaksanaan pelantikan rektor USU periode 2021 -2026 yg sifatnya segera.

Ketua Presidium Eksponen PEMA USU, Hendra Boang Manalu, menilai Kemendikbud tidak melanggar aturan dengan memutuskan tetap melantik Muryanto Amin sebagai rektor defenitif Universitas Sumatera Utara.

“PP Nomor 16 Tahun 2014 tetang Statuta USU memiliki kedudukan tertinggi dalam hierarki peraturan universitas. Disebutkan pada pasal 27 ayat 2 Statuta USU, dalam hal penyelesaian masalah tertinggi atas masalah yg ada di USU, jika tidak dapat diselesaikan, masalah diselesaikan oleh Menteri,” ujar Hendra saat dihubungi wartawan, Selasa (26/1/2021).

Hendra menuturkan, keputusan pemerintah juga sejalan dengan berita acara rapat Majelis Wali Amanat tanggal 15 Januari 2021, yang meminta kepada Kemendikbud RI sebagai induk universitas untuk menyelesaikan dugaan plagiarisme oleh Muryanto Amin.

“Oleh karena itu, pemerintah dalam hal ini Kemendikbud sudah tepat untuk melantik Muryanto Amin sebagai rektor Universitas Sumatera Utara. Keputusan tersebut sudah diatur regulasinya dalam Statuta USU dan Peraturan MWA USU,” ucap demisioner wakil presiden mahasiswa USU tersebut.

Sebelumnya diinformasikan, pelantikan Muryanto Amin yang akan digelar 21 Januari 2021 sempat tertunda karena kasus dugaan self-plagiarisme yang menerpa rektor terpilih. Kasus ini sempat viral hingga Kemendikbud akhirnya turun tangan.

Disisi lain, Hendra juga mengajak kepada seluruh civitas akademika untuk menyukseskan acara pelantikan rektor nanti. Mengingat peringkat Universitas Sumatera Utara di kancah nasional yang harus terus naik.

“Selamat bekerja Muryanto Amin sebagai rektor USU, dibawah kepemimpinan baru ini saya yakin beliau mampu memajukan dan mewujudkan USU menjadi kampus Merdeka,” tutup Hendra.

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 6 views

Baca Lainnya