Kesehatan Opini

Sabtu, 5 September 2020 - 04:59 WIB

5 bulan yang lalu

logo

Ketua Senat Unimed: Saatnya Kolaborasi Lestarikan Hutan Mangrove Danau Siombak

Ahmad Fahmi Sahid Bintang saat kunjungan kesalah satu tempat pelestarian hutan mangrove yang ada di daerah pesisir kota Medan, Sumatera Utara, Senin (4/09/2020).

Ahmad Fahmi Sahid Bintang saat kunjungan kesalah satu tempat pelestarian hutan mangrove yang ada di daerah pesisir kota Medan, Sumatera Utara, Senin (4/09/2020).

KOLEGA. ID- MEDAN | Hutan Mangrove sangatlah penting dan harus dilestarikan karena memiliki banyak manfaat, baik untuk menjaga ekosistem air dan fauna dalam ekosistem tersebut. Selain itu juga bermanfaat terhadap udara.

Demikian yang disampaikan Ketua Senat Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed), Ahmad Fahmi Sahid Bintang saat berkunjung kesalah satu tempat pelestarian hutan mangrove yang ada di daerah pesisir kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (05/09/2020).

Alasan lain yang mendukung Karena memiliki kemampuan menyimpan karbon 5 kali lebih baik dari hutan daratan, serta dapat mereduksi besarnya gelombang tsunami.

Selanjutnya, Ahmad Fahmi juga mengajak kepada seluruh lapisan elemen-elemen masyarakat dan semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama melestarikan hutan mangrove.

“Hutan mangrove sangat mendukung upaya penurunan emisi gas (gas rumah kaca) rumah tangga penyebab perubahan iklim, untuk itu perlu langkah-langkah untuk pencegahan kerusakan mangrove yang lebih luas supaya dapat dipulihkan secara efisien dengan rutin penanamannya,” katanya.

Lanjut dari itu, Presiden Mahasiswa Unimed juga melakukan kunjungan ke Danau Siombak yang masih Daerah Kota Medan.

Dia menyampaikan bahwa Pelestarian lingkungan danau sudah sering diadakan bahkan sudah sering digaungkan oleh pemerintah, namun masih saja banyak diantara masyarakat yang membuat salah satu objek alam tercemar, khususnya danau.

“Saat ini masyarakat bukan hanya memerlukan Penyuluhan atau Edukasi semata dalam pelestarian danau, melainkan masyarakat perlu diayomi secara bersama-sama dalam keikutsertaan melestarikan danau, sudah saatnya kita berkolaborasi dalam melestarikan lingkungan dikota yang kita cintai ini,” ucap Ahmad Fahmi Sahid Bintang.

 

Editor:ARI

 

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 93 views

Baca Lainnya