Nasional

Selasa, 1 Desember 2020 - 21:51 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Profil Calon Kapolri Agus Andrianto, Sosok Pendukung Produk Dalam Negeri

Komjen Pol Agus Andrianto

Komjen Pol Agus Andrianto

KOLEGA.ID – Jakarta | Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan sudah mengantongi tiga nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan memasuki pensiun pada Januari 2021. Diantara tiga nama itu, dikabarkan banyak media elektronik, nama Komjen Pol Agus Andrianto menempati posisi teratas.

Agus Andrianto merupakan pria kelahiran Blora, Jawa Tengah, 16 Februari 1967. Agus lulus Akademi Polisi (Akpol) pada 1989.

Pada 1992, dia ditunjuk sebagai Kapolsek Sumbul, 1993 ditunjuk sebagai Kapolsek Parapat serta Kapolsek Percut Sei Tuan pada 1995. Dia kemudian melanjutkan pendidikannya di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian.

Agus Adrianto dikenal sebagai sosok yang malang-melintang dibidang reserse. Pada 1997, dia menjabat sebagai Kapuskodalops Polres Lampung Selatan, Kasat Serse Poltabes Medan 1999, Kasubag Binops Bag Serse Ek Polda Jatim 2001, Kasubag Binops Bag Serse Um Polda Jatim 2001, Wakapolres KP3 Tanjungperak 2003, Pamen Polda Jatim 2005, serta Kasat I/Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya 2006.

Agus juga pernah menjabat sebagai Dir Psikotropika dan Prekursor Deputi Bid Pemberantasan BNN pada 2015, Dirtipidum Bareskrim Polri 2016, Wakapolda Sumatera Utara 2017, dan Kapolda Sumatera Utara 2018-2019.

Selama karirnya, Agus dianugerahi beberapa tanda penghormatan, di antaranya Bintang Bhayangkara Pratama, SL. Pengabdian XXIV, SL. Ksatria Bhayangkara, SL. Operasi Kepolisian hingga France Medal.

Selain menjabat Kabaharkam Polri, saat ini Agus juga dipercaya menjadi Kepala Operasi Terpusat (Kaopspus) Kontinjensi Aman Nusa II-Penanganan Covid-19. Tugas Agus bagaimana memastikan para Kasatgas 1-6, Kapusdalops, Kasetops, Kaposko, Kaminops, dan Kasubsatgas Opspus Kontinjensi membuat rencana kegiatan operasi pandemi Covid-19.

Agus juga aktif di perkumpulan Ikatan Alumni Akabri 1989 dengan segudang program salah satunya menggelar bakti sosial (baksos). Kegiatan nyata dari kegiatan ini adalah membagikan sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 di sejumlah daerah.

Sejak 6 Desember 2019, Agus Andrianto ditunjuk sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara.

Selama menjabat sebagai Kabarharkam dirinya kerap melaksanakan arahan dari Kapolri Idham Azis dan Presiden Joko Widodo, khususnya dalam menggunakan produk dalam negeri.

“Kami bersama Pejabat Utama Baharkam datang ke pabrik dalam negeri untuk cek pesanan sepatu Almatsus Korsabhara Polri. Bila produk dalam negeri lebih baik secara kualitas daripada produk luar negeri, kalau bagus, ngapain beli produk luar negeri? Dan kita akan dorong terus agar kualitasnya semakin membaik,” kata Komjen Pol Agus Andrianto saat mengunjungi PT Bali Mukti Shoe Factory dan PT Farin Industri Nusantara di desa Giriasih, kecamatan Batujajar, kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis, (06/08/2020).

Sebelumnya Presiden secara tegas intruksikan kepada pimpinan kementerian/lembaga melakukan kerja luar biasa (extra ordinary atau tidak linier) dalam menangani krisis dalam negeri karena Pandemi Covid-19.

Karena itu, sebagai upaya penguatan konsumsi dalam negeri, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memerintahkan jajaran kepolisian untuk mengutamakan produk dalam negeri dalam pengadaan barang atau jasa di lembaga Polri.

 

 

Editor: Why

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 339 views

Baca Lainnya