Pendidikan

Jumat, 25 Desember 2020 - 14:02 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Sosialisasi Aplikasi Google Form Era New Normal Pada Guru MTs. Al Ittihadiyah Medan

KOLEGA.ID – Medan | Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu pelaksanaan tugas Tri Darma Perguruan Tinggi yang diadakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah melakukan pengabdian kepada Guru yayasan Al-Ittihadiyah Medan.

Kegiatan Pengabdian merupakan pendanaan dari dana internal UMN Al-Washliyah tahun anggaran 2020 yang diketuai oleh Khairina Ulfa Syaimi, S.Pd.I.,M.Pd dan anggota 1 orang dosen Nila Lestari S.Pd.,M.Pd yang juga melibatkan beberapa orang mahasiswa melalui skema Program Kemitraan Masyarakat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2020. Bapak Pamonoran Siregar M.Pdi selaku Kepala sekolah beserta Bapak dan Ibu Guru Al-Ittihadiyah Medan juga turut hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan ini berkolaborasi antar dosen multi disiplin ilmu Khairina Ulfa Syaimi, S.Pd.I.,M.Pd sebagai ketua (bidang Bimbingan Konseling), Nila Lestari, S.Pd.,M.Pd (bidang ilmu PGSD) yang saling bekerja sama dan berkomitmen untuk memberikan ilmu pemahaman dan manfaat aplikasi google form kepada guru yayasan Al-Ittihadiyah Medan melalui sosialisasi yang kami adakan.

Dalam Sosialisasi Program Kemitraan Masyarakat “Sosialisasi Aplikasi Google Form Era New Normal Pada Guru MTs. Al-Ittihadiyah Medan”
Adapun tujuan dari kegiatan PKM adalah : (1) Meningkatnya pemahaman guru tentang aplikasi google form; (2) Guru dapat membuat soal berupa pilihan ganda ataupun essay; (3) Guru juga dapat melihat respon dari jawaban soal yang sudah dikerjakan oleh siswa.
Dalam pemaparannya Khairina Ulfa Syaimi, M.Pd menyampaikan pemahaman tentang pentingnya aplikasi google form Era New Normal Pada Guru MTs, Al-ittihadiyah Medan
Munculnya pandemic covid-19 berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan manusia, seperti ekonomi, kehidupan sosial, aktivitas dan sistem pendidikan.

Dampak yang paling terasa dari munculnya virus corona ialah terhadap dunia pendidikan, dimana sistem pembelajaran harus beralih dari sistem tatap muka kepada sistem daring dengan memanfaatkan berbagai aplikasi berupa zoom cloud meetings google calssroom, edmodo, ruang guru maupun sistem yang disediakan sendiri oleh lembaga pendidikan.

Salah satu aplikasi yang digunakan berupa google form. Guru dapat membuat soal quis atau ujian secara online melalui Goggle form. Soal yang sudah dibuat dapat dibagikan kepada siswanya secara online melalui smartphone. Siswa dapat mengerjakannya melalui smartphone dan dapat langsung mengetahuiskor yang diperoleh serta mengetahui mana jawaban yang benar dan jawaban yang salah secara otomatis. Selain dapat membuat soal kuis atau ujian , guru juga dapat membuat angket untuk penilaian ranah afektif dengan menggunakan aplikasi google form.

Google form juga digunakan sebagai alat yang berguna untuk membantu kita dalam merencanakan acara, mengirim survey, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara efisien, google form juga aplikasi bagian dari google yang paling sering digunakan dalam pencarian data internet. Pada aplikasi google form kita juga bias memanfaatkannya sebagai media berbasis online untuk kebutuhan kita khususnya dalam pembuatan kuisioner online, sehingga pengolahan data lebih terjamin dengan baik karena dengan memanfaatkan komputer, laptop sebagai pengolahan data elektronik

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 5 views

Baca Lainnya