Uncategorized

Kamis, 24 Desember 2020 - 00:08 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Sosialisasi Pembelajaran Model Eleciting Activies, Desniarti, S.Pd.,M.Si Gelar Pengabdian Masyarakat

KOLEGA.ID – Medan | Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Akademik 2020-2021.Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tridarma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh seorang dosen. Program Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di beberapa daerah yang ada di Sumatera Utara yang masih merupakan daerah binaan dari Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Salah satunya adalah SMK Al-Washliyah 4 Medan yang dilaksanakan pada Sabtu, 12 Desember 2020.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini mengangkat tema “Solialisasi Perangkat Pembelajaran Model Eleciting Activies (MEAs) Bagi Guru SMK Al-Washliyah 4 Medan” yang dihadiri oleh kepala sekolah dan guru – guru SMK Al-washliyah 4 Medan.

Suhadi ( 2007:13) mengatakan bahwa perangkat pembelajaran merupakan sejumlah bahan, alat, media, petujuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses penbelajaran, jadi perangkat pembelajaran adalah suatu wujud persiapan yang dilakukan guru sebelum mereka melakukan proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran peserta didik dituntut aktif , dan yang membuat peserta didik aktif adalah dengan adanya lembar kerja peserta didik.

Lembar kerja peserta didik merupakan bagian dari perangkat pembelajaran yang berperan sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, karena berupa lembaran yang harus dikerjaan oleh peserta didik. Oleh sebab itu seorang guru harus bisa kreatif dan inovatif merancang perangkat pembelajaran.

Penunjang keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran adalah keaktifan atau kegiatan yang dilakukan disaat proses pembelajaran berlangsung. Richard Lesh dan kawan – kawan ( Scott A,Chamberlin, 2017 ) menunjukan aktivitas peserta didik yang muncul ketika belajar dengan menggunakan Model Eleciting Activities (MEAs) yaitu pembelajaran untuk memahami, menjelaskan dan mengkomunikasikan kosep – konsep matematika yang terkadung dalam suatu sajian permasalahan melalui pemodelan matematika. Dalam MEAs kegiatan pembelajaran diawali dengan penyajian suatu masalah yang kemudian dibentuk model matematikanya yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika.

Setelah terlaksananya Pengabdian Masyarakat ini diharapkan para guru – guru khususnya guru di SMK Al-Washliyah 4 Medan bisa merancang suatu perangkat pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran berlangsung.

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 8 views

Baca Lainnya