Regional

Senin, 16 November 2020 - 12:50 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Syabuddin Ritonga: Visi Tapsel Sehat, Cerdas dan Sejahtera Tepat Untuk Dilanjutkan

Foto: Ja’far Syahbuddin Ritonga, MBA, DBA. (Ist)

Foto: Ja’far Syahbuddin Ritonga, MBA, DBA. (Ist)

KOLEGA.ID – Medan | Tokoh pendidikan asal Tapanuli Selatan Ja’far Syabuddin Ritonga berharap Pilkada Tapsel 2020 mampu melahirkan pemimpin baru yang memiliki niat baik dalam melanjutkan pembangunan yang selama ini dinilai telah berhasil setelah selama hampir 10 tahun gencar dilakukan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu.

Syabuddin Ritonga yang merupakan peraih gelar Master of Business and Administration (MBA) dari Cleveland State University Ohio, Amerika Serikat itu bahkan menilai bahwa Tapsel saat ini membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki kemampuan intelektualitas yang mumpuni untuk mampu mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di Tapsel secara maksimal.

“Pilkada Tapsel harus mampu melahirkan pemimpin yang memiliki niat baik dan semangat tinggi dan memiliki chemistry dengan pak Syahrul agar pembangunan yang saat ini telah cukup berhasil menjadi tidak mubazzir”, ucap Syabuddin kepada wartawan di Medan, Senin (16/10/2020).

Foto: Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu menghadiri HUT ke-27 Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid, Tapanuli Selatan (Ist)

Peraih gelar Doktor dari University Sains Malaysia itu juga menilai pembangunan Tapsel kedepan harus fokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat Tapsel seperti sektor pertanian dan perkebunan yang dampaknya akan dirasakan langsung oleh masyarkat.

“Visi masyarakat sehat, cerdas dan sejahtera sudah tepat untuk dilanjutkan di Tapsel, tentu visi itu harus difokuskan pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Tapsel”, ungkap Syahbuddin.

Putra almarhum Ihutan Ritonga ini juga menjelaskan bahwa visi masyarakat cerdas juga harus difokuskan pada meningkatnya indeks pembangunan manusia Tapanuli Selatan misalnya dengan fokus pada peningkatan mutu pendidikan di Tapsel.

“Membangun Tapsel tidaklah semudah seperti mebalikkan telapak tangan, butuh keikhlasan dan kemauan yang tinggi, dan yang terpenting memiliki semangat yang harus sama dengan pemimpin sebelumnya yakni pak Syahrul Pasaribu”, pungkasnya.

Untuk diketahui Ja’far Syahbuddin Ritonga adalah Ketua Yayasan Pesantren Darul Mursyid (PDM) Tapanuli Selatan. Sosok Syahbuddin dikenal gigih dan getol memajukan pendidikan di Tapanuli Selatan. Lewat tangan dinginnya PDM telah berhasil mengharumkan nama baik Tapanuli Selatan dengan meraih berbagai prestasi baik di tingkat Sumatera Utara maupun di level nasional.

PDM menjadi pesantren terbaik di pulau Sumatera pada 2018. Sementara di tingkat nasional, pesantren binaannya itu tercatat meraih medali perak Olimpiade Sains Nasional  (2014)   Mataram;  Perunggu  pada Olimpiade Matematika ITS (2016).

Dalam 10 dekade terakhir, lulusan PDM banyak diterima diberbagai Perguruan Tinggi Negeri baik di pulau Sumatera maupun PTN bergengsi di pulau Jawa.

 

Editor: Why

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 4 views

Baca Lainnya