Regional

Selasa, 15 Desember 2020 - 16:32 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Tahapan Pilkada Belum Usai: TNI dan Polri Harus Siaga dan Waspada

KOLEGA.ID – Labuhanbatu | Pilkada Serentak 2020 yang berlangsung pada Rabu, 9 Desember 2020 lalu telah usai. Tahapan selanjutnya saat ini adalah penghitungan suara untuk menentukan pemimpin daerah di 270 wilayah penyelenggaraan Pilkada termasuk diantaranya Kabupaten Labuhan Batu, Labuhanbatu Utara Labuhanbatu Selatan.

Pesta demokrasi itu dapat dinilai berjalan lancar, aman, dan tertib. Hal itu juga disampaikan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Labuhanbatu Raya, M. Rahmadoni Dalimunthe sebagai ketua umum HMI Cabang Labuhanbatu Raya mengapresiasi pelaksanaan Pilkada yang berjalan dengan aman dan lancar.

Pilkada yang menjunjung tinggi keamanan merupakan tradisi yang sangat baik untuk menjamin tumbuh kembangnya demokratisasi.

“Mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat mulai dari peneyelenggara mulai dari TPS, Tingkat Kecamatan, Kabupaten, hingga pusat, dan juga pemilih yang telah berusaha semaksimal mungkin menjaga protokol kesehatan Pandemi Covid-19. Kita optimistis bahwa Pandemi ini akan segera berakhir dan sebagai bagian dari ikhtiar itu kita harus tetap disiplin mematuhi protokol yang berlaku,” katanya.

HMI Cabang Labuhanbatu Raya menghimbau agar tetap menjaga situasi, tidak gaduh dan menghormati hasil pilkada yang masih dalam proses penghitungan yang selanjutnya di plenokan sebagai dasar ketetapan resmi yang dikeluarkan oleh KPU Kabupaten Labuhan Batu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara.

Suksesnya pelaksanaan pilkada serentak ini tidak lepas dari partisipasi semua pihak. Oleh sebab itu sebagai bangsa yang besar mempunyai komitmen menjadi bangsa yang untuk pertama kali sejak 1945 mampu menyelenggarakan Pilkada dengan tingkat partisipasi pemilih yang cukup tinggi.

“Ini luar biasa dukungan masyarakat untuk suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak. HMI Cabang Labuhanbatu Raya juga meminta kepada pihak penyelenggara (KPU dan Bawaslu) untuk memegang teguh indenpendensi penyelenggara dan pengawas, terkhusus kepada TNI dan Polri sebagai pihak yang menjamin keamanan di 3 Kabupaten Labuhanbatu untuk tidak terlena atas apresiasi dari berbagai macam karna Hmi cabang labuhanbatu Raya masih melihat adanya tanda – tanda atau potensi propokasi yg dapat menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat baik secara personal maupun kelompok. Maka dari kondisi tersebut  kami meinta Kodim 0209/LB dan Polres labuhanbatu bersiaga dan terus berwaspada demi mengantisipasi terjadinya gesekan antar partisan pun loyalis pendukung paslon”, jelas M,Rahmadoni Dalimunthe

Ia berharap kedepan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu utara, agar terus meningkatkan kualitas demokrasi dari demokrasi yang bersifat prosedural kepada demokrasi substansil. Artinya, pilkada harus mengutamakan penyelenggaraan yang jujur dan adil (jurdil) melalui penyelenggaraan pengawasan, pengamanan Pilkada bersama organisasi mahasiswa, ormas dan masyarakat.

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 39 views

Baca Lainnya