Kesehatan

Kamis, 22 Oktober 2020 - 15:50 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Tim Dosen FK Gigi USU Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Desa Balimbingan-Simalungun

KOLEGA.ID – Simalungun | Tim dosen Fakultas Kedokteran Gigi USU melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di RA Uswatun Hasanah, Kebun Balimbingan PTPN 4, Simalungun, Senin (14 September 2020).

“Kegiatan pengabdian masyarakat dikemas dalam bentuk penyuluhan dan cara penyikatan gigi yang benar, dilakukan oleh anak-anak, agar anak-anak mampu melakukan serta menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut sehingga resiko terkena gigi berlubang dapat berkurang. Di samping itu, pengabdian masyarakat juga memberikan pelatihan dasar bagi guru sekolah dalam hal menjaga kesehatan gigi dan mulut. Diharapkan nantinya guru sekolah akan menjadi motivator anak dalam menjaga kesehatan giginya secara berkala,” kata drg. Tassa sebagai ketua tim pengabdian masyarakat.

drg. Tassa menambahkan, tim pengabdian masyarakat terdiri dari 2 (dua) orang dosen, yaitu drg. Siska Ella Natassa, M.Dsc sebagai ketua tim pengabdian; dan drg. Gostry Aldica Dohude, Sp.BM sebagai anggota, dengan dibantu beberapa orang mahasiswa koas FKG USU.

Pada pengabdian ini, tim dosen dari FKG USU mendonasikan 3 (tiga) set Sink Kumur _Portable_ yang dapat digunakan untuk pelaksanaan _tooth brush campaign_ (sikat gigi bersama) pada siswa sekolah. Sehingga nantinya diharapkan kegiatan sikat gigi oleh siswa di RA Uswatun Hasanah dapat dilaksanakan secara berkala. Selain itu, juga diberikan Buku Saku yang berjudul “Memelihara Kesehatan Gigi Mulut Untuk Siswa dan Penanganan Trauma Rongga Mulut Pada Anak” untuk para guru sekolah.

Kepala Sekolah RA & MDTA Uswatun Hasanah Balimbingan, Purnawati, S.PdI, menyampaikan pihak sekolah sangat senang dengan kedatangan tim dosen FKG USU. Semoga kegiatan sikat gigi bersama ini menjadi aktivitas rutin bagi anak-anak karena sekarang fasilitas untuk berkumurnya telah ada.

“Harapan kami semoga ke depan akan ada lagi kegiatan-kegiatan lanjutan dari tim dosen USU ke sekolah ini,” tambah Purnawati, S.PdI.

Pada kesempatan yang berbeda, H. Surya Brata, M.C.P, SE sebagai Manajer Unit Kebun Balimbingan PTPN 4 memberikan apresiasi bagi tim dosen FKG USU yang telah mengedukasi anak-anak sekolah dan menyumbangkan fasilitas untuk kegiatan berkumur bersama di sekolah RA Uswatun Hasanah.

“Besar harapan agar kegiatan positif seperti ini dapat terus ditingkatkan dan sinergi antara pihak USU dan PTPN 4 dapat terus dijaga hubungan baiknya,” sambung H. Surya Brata, M.C.P, SE.

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 25 views

Baca Lainnya