Regional

Minggu, 11 April 2021 - 19:22 WIB

1 bulan yang lalu

logo

UKM Pers Mahasiswa Kreatif Unimed Gelar Pelatihan Fotografi Jurnalistik

KOLEGA.ID – Medan | Pelatihan Fotografi Jurnalistik tersebut mengundang pemateri dari Humas Unimed, Eko Haryanto, S.Pd. Pelatihan tersebut merupakan bagian dari Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang dilaksanakan secara rutin untuk meningkatkan kompetensi dibidang Jurnalistik.

Pada paparannya, Eko Haryanto mengatakan Fotografi jurnalistik bukan hanya sekedar menampilkan informasi, tetapi juga menyiratkan makna dan pesan moral.

Foto yang bagus adalah bagaimana foto dapat berbicara dan menyentuh hati publik, bisa mengubah opini masyarakat terhadap suatu peristiwa atau objek foto yang kita tampilkan. Didalam keterangan foto Jurnalistik mencakup 5W+1H atau pesan/informasi lain dari sebuah foto. Jangan menjelaskan sesuatu pandangan mata, namun buatlah penjelasan lebih lengkap dari foto yang diambil oleh karena perlu wawancara atau menggali informasi lebih detail.

Selanjutnya Eko menjelaskan agar bisa jadi fotografer yang handal adalah dengan sering memotret dan buat tantangan sendiri, mulailah memotret dengan apa yang kita suka.

Kemudian ikutilah berbagai komunitas/organisasi fotografi sehingga banyak menambah relasi fotografi dan seringlah diskusi dengan teman-teman dalam fotografi, sering mengikuti lomba foto untuk meningkatkan pengalaman dan mengukir prestasi, selanjutnya sering mengikuti pelatihan-pelatihan dan workshop fotografi sehingga menambah pengetahuan/wawasan kita mengenai perkembangan fotografi dan yang terakhir kita mengikuti uji kompetensi fotografi sehingga ada legalitas dan lisensi profesi fotografi.

Editor: ARI

Avatar

Writer

Artikel ini telah dilihat sebanyak: 0 views

Baca Lainnya